Skip to main content

Tips Membeli Traktor Baru dan Bekas, Jangan Sampai Salah Beli


Cara memilih dan membeli mobil dan motor mungkin merupakan sebuah hal umum yang banyak diketahui oleh banyak orang, berbeda dengan membeli dan memilih sebuah traktor. Oleh sebab itu, penulis kali ini akan membahas mengenai Tips Membeli Traktor Baru dan Bekas yang dijelaskan dibawah ini;

1. Membeli traktor bekas berbeda dengan membeli mobil bekas

Sumber Gambar : https://www.realworldsurvivor.com/2018/04/12/buy-tractor/
Perbedaan terbesar saat membeli traktor bekas dan mobil bekas yaitu umur kendaraannya, membeli mobil bekas yang sudah terpakai 25 tahun merupakan ide yang buruk, sedangkan membeli traktor yang sudah terpakai dan masih terawat selama 25 tahun merupakan ide yang baik, karena sebuah traktor dapat bertahan hingga beberapa dekade (1 dekade= 10 tahun). 

2. Tanyakan riwayat dari traktor bekas
Saat memilih-milih dan ingin membeli traktor bekas, Anda wajib menanyakan riwayat dari traktor yang Anda pilih, mulai dari riwayat servis dan pergantian sparepart, riwayat masalah yang pernah dialami dll. Hal tersebut penting, karena dapat mempengaruhi performa dan menjadi masalah saat Anda sudah membeli traktor tersebut.

3. Lakukan pengecekan traktor

Sebelum membeli traktor bekas Anda harus mengecek beberapa bagian dari traktor tersebut, mulai dari badan traktor, ban, bagian dalam, poros PTO hingga tenaga dan mesin hidrauliknya.

4. Pilih jenis traktor sesuai kebutuhan

Sumber Gambar: http://www.farmallcub.com/phpBB2/viewtopic.php?t=91129
Sumber Gambar: https://autoline.info/-/sale/crawler-tractors/CLAAS-Challenger-75E-Tracked--19010915575402564500

Saat ingin membeli traktor, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis traktor dan memilih yang sesuai kebutuhan Anda, karena saat ini jenis traktor bervariasi dan difungsikan sesuai dengan medan yang dilalui.

5. Sesuaikan traktor dengan ukuran lahan Anda

Sumber Gambar : http://maintenance.ariensco.com/
Pilih traktor yang ukurannya sesusai lahan Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemetaan lahan kembali, karena traktornya terlalu besar.

6. Pilih transmisi yang Anda inginkan
Sama seperti mobil, traktor ada 2 jenis transmisi yaitu manual dan automatic, sehingga pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

7. Beritahu prioritas tugas dari traktor yang Anda ingin beli
Dengan memberitahukan prioritas pekerjaan dari traktor yang Anda ingin beli, penjual dapat membantu Anda dengan memberikan rekomendasi mengenai implement yand dibutuhkan dan jenis traktor serta kisaran horsepower, kapasitas hidrolik dan kapasitas angkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Lakukan test drive
Coba lakukan test drive dari traktor yang Anda pilih, supaya Anda tahu traktor ini sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

9. Minta surat kepemilikan
Layaknya kendaraan bermotor lainnya, traktor juga memiliki surat bukti kepemilikan.

10. Buat perjanjian sebelum deal
Sebelum Anda deal untuk membeli barang tersebut, buat beberapa perjanjian seperti garansi, cara pembayaran, transport pengangkutan barang, hingga after sales service.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Traktor Roda 4

Traktor merupakan sebuah alat berat yang memiliki fungsi untuk melakukan penarikan. Sebagai alat berat traktor terdiri dari berbagai komponen, komponen traktor roda 4 tersebut dijelaskan pada gambar berikut : Sumber Gambar : http://www.hillagric.ac.in/edu/coa/agengg/lecture/243/Lecture%209%20Farm%20tractor.pdf 1. Front wheel (roda depan) Sumber Gambar : https://www.hemmings.com/auction/1963-porsche-junior Roda depan pada traktor memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan roda belakangnya, karena roda depan berfungsi sebagai roda kemudi. Roda depan yang lebih kecil membantu penglihatan pengemudi saat melakukan manuver dan membantu traktor dalam menjaga keseimbangan serta memberikan tenaga tarikan yang lebih besar.  2. Fuel tank cap (tutup tangki bahan bakar) Tutup dari tangki bahan bakar berfungsi untuk mencegah kotoran, serpihan, dan debu masuk ke dalam tangki gas. Komponen traktor ini juga menangkap dan menggunakan kembali bahan bakar yang menguap dari tangki ga

7 Merk Traktor Terbaik di Indonesia

Pada era modern ini, banyak kegiatan manusia yang dibantu oleh mesin, seperti kegiatan pertanian, konstruksi hingga kegiatan perkebunan yang dibantu oleh mesin berupa traktor. Di Indonesia sendiri traktor dikembangkan oleh berbagai manufaktur, dari yang lokal hingga asing. Diantara semua manufacturer tersebut, penulis memilih 7 Merk Traktor Terbaik di Indonesia yang dijelaskan sebagai berikut;

Mengenal Implement Traktor : Implement Jenis Bajak

Sumber Gambar :  https://www.pymnts.com/news/b2b-payments/2019/farm-big-bank-lending/ Kemajuan jaman dan teknologi memberikan berbagai kemudahan. Salah satu kemudahan tersebut dapat dirasakan dalam bidang pertanian, yaitu dengan munculnya traktor dan berbagai macam implementnya. Implement traktor memiliki beragam jenis dengan fungsi masing-masing, mulai dari bajak singkal, hingga bajak subsoil. Berikut penjelasan mengenai berbagai jenis implement bajak yang digunakan pada traktor: