Skip to main content

Jenis-jenis Traktor Roda 4, yang Mana Milik Anda?

Sumber Gambar : https://www.bukalapak.com/p/industrial/mesin/mesin-pertanian-taman/b5wpdy-jual-traktor-4-roda-murah-galaxy-554

Apa sih traktor itu?

Traktor adalah kendaraan yang memiliki fungsi dan didesain secara khusus untuk keperluan traksi (penarikan) tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implement yang digunakan dalam bidang pertanian atau konstruksi.

Traktor memiliki beragam jenis, jenis-jenis traktor tersebut antara lain :
1. Crawler tractor

Sumber Gambar : https://autoline.info/-/sale/crawler-tractors/CLAAS-Challenger-75E-Tracked--19010915575402564500
Traktor jenis ini tidak jauh berbeda dengan traktor biasanya, bedanya crawler tractor memiliki roda rantai yang cocok digunakan pada permukaan yang licin, gesekan rendah dan tidak rata, seperti lumpur, es, dan salju.

2. Standard row crop

Sumber Gambar : https://www.mecum.com/lots/GF0814-191933/1959-john-deere-730-standard/
Traktor yang satu ini biasanya digunakan di berbagai perkebunan. Traktor jenis ini memiliki jarak dari satu ban ke tengah dan dari tengah ke ban lainnya yang dapat diatur, tujuannya supaya traktor dapat melewati berbagai barisan tanaman tanpa merusaknya.

3. High clearance

Sumber Gambar : https://www.fwi.co.uk/machinery/landini-ushers-back-high-clearance-tractor
Traktor high clearance memiliki jarak antara badan traktor dan tanah yang tinggi, sehingga cocok digunakan pada kebun yang tanamannya tinggi.

4. Orchard

Sumber Gambar : http://www.farmallcub.com/phpBB2/viewtopic.php?t=91129
Traktor jenis ini digunakan di wilayah perkebunan pepohonan yang besar dan relatif sempit, karena ukuran traktor orchard cukup ramping, sehingga lebih aerodinamis. Traktor jenis ini memiliki pelindung pada roda terutama pada bagian belakang, fungsinya supaya traktor tidak rusak saat berjalan di jalur yang sempit. Saluran pengeluaran pada traktor ini tidak menonjol keluar dengan tujuan tidak tersangkut pada cabang pohon.


5. Multipurpose 
Image result for multipurpose tractor
Sumber Gambar : https://www.ec21.com/offer-detail/Sell-Multipurpose-Tractor-Crane--8559505.html
Traktor multipurpose dikembangkan untuk melakukan berbagai tugas yang variatif dan ringan melalui berbagai implement yang dapat dipasang pada traktor, seperti front end loader, backhoe loader dan lainnya.

6. Lawn tractor


Sumber Gambar : https://www.deere.com/en/mowers/lawn-tractors/
Lawn tractor adalah traktor yang dikembangkan untuk pekerjaan pekarangan rumah, seperti memotong rumput, meniup rumput dan salju, menyiram rumput, dll.

7. Garden tractor

Sumber Gambar : http://maintenance.ariensco.com/
Garden tractor adalah traktor yang mirip dengan lawn tractor, namun garden tractor memiliki kekuatan yang lebih besar, sehingga mampu untuk mengolah, mengerok, menarik beban gerobak bahkan membajak tanah dan salju.

8. Skid steer loader
Image result for skid steer loader
Sumber Gambar : https://www.machines4u.com.au/view/advert/Skid-Steer-Loader/495700/
Skid-steer loader adalah traktor yang memiliki lengan di depan yang dapat ditempelkan berbagai implement untuk membantu pekerjaan, salah satunya penggalian. 

9. Two wheel drive tractors (2WD)

Sumber Gambar : https://www.mascus.co.uk/agriculture/used-tractors/valmet-455-2wd-tractor/oovdlpxg.html
Two Wheel Drive tractors (2WD) adalah traktor yang hanya 2 roda di belakangnya yang dapat digerakan. Traktor 2 WD ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan 4wd, yaitu desain yang lebih sederhana, komponen lebih mudah didapat dan harga traktornya yang lebih murah.

10. Four Wheel Drive with front steering wheel, and equal sized wheel 
Image result for traktor equal sized wheel
Sumber Gambar : http://www.wisconsineng.com/en/produkt/w-4000-farmer-articulated-utility-tractor/

Traktor 4WD memiliki stabilitas yang lebih baik dan lebih kuat, lebih awet, lebih kompatibel terhadap implement yang lebih berat, namun lebih mahal di bandingkan dengan 2WD.


Popular posts from this blog

Komponen Traktor Roda 4

Traktor merupakan sebuah alat berat yang memiliki fungsi untuk melakukan penarikan. Sebagai alat berat traktor terdiri dari berbagai komponen, komponen traktor roda 4 tersebut dijelaskan pada gambar berikut : Sumber Gambar : http://www.hillagric.ac.in/edu/coa/agengg/lecture/243/Lecture%209%20Farm%20tractor.pdf 1. Front wheel (roda depan) Sumber Gambar : https://www.hemmings.com/auction/1963-porsche-junior Roda depan pada traktor memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan roda belakangnya, karena roda depan berfungsi sebagai roda kemudi. Roda depan yang lebih kecil membantu penglihatan pengemudi saat melakukan manuver dan membantu traktor dalam menjaga keseimbangan serta memberikan tenaga tarikan yang lebih besar.  2. Fuel tank cap (tutup tangki bahan bakar) Tutup dari tangki bahan bakar berfungsi untuk mencegah kotoran, serpihan, dan debu masuk ke dalam tangki gas. Komponen traktor ini juga menangkap dan menggunakan kembali bahan bakar yang menguap dari tangki ga

7 Merk Traktor Terbaik di Indonesia

Pada era modern ini, banyak kegiatan manusia yang dibantu oleh mesin, seperti kegiatan pertanian, konstruksi hingga kegiatan perkebunan yang dibantu oleh mesin berupa traktor. Di Indonesia sendiri traktor dikembangkan oleh berbagai manufaktur, dari yang lokal hingga asing. Diantara semua manufacturer tersebut, penulis memilih 7 Merk Traktor Terbaik di Indonesia yang dijelaskan sebagai berikut;

Mengenal Implement Traktor : Implement Jenis Bajak

Sumber Gambar :  https://www.pymnts.com/news/b2b-payments/2019/farm-big-bank-lending/ Kemajuan jaman dan teknologi memberikan berbagai kemudahan. Salah satu kemudahan tersebut dapat dirasakan dalam bidang pertanian, yaitu dengan munculnya traktor dan berbagai macam implementnya. Implement traktor memiliki beragam jenis dengan fungsi masing-masing, mulai dari bajak singkal, hingga bajak subsoil. Berikut penjelasan mengenai berbagai jenis implement bajak yang digunakan pada traktor: